Pentingnya Menjaga Tali Persaudaraan


Pada tulisan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Pentingnya menjanga tali persaudaraan. Menurut logika kita, setiap manusia memiliki kecenderungan untuk menjaga tali persaudaraan, hal ini dapat kita sadari dalam kehidupan sehari-hari dimana kadang kala terjadi ketidak harmosisan dalam berinteraksi social kepada teman, sahabat, kerabat dan sebagainya. Ketidak harmonisan itu menjadikan pertualangan kita di dunia ini tidak menyenangkan.

Diantara keutamaan menjaga tali persaudaraan adalah ia menjadikan perasaan seseorang tenang, hidup lebih berarti, dan mudah rizki. Ketika kita bicara tentang ketenangan hidup, maka kita tidak akan pernah lepas dari berbagai perbedaan jalan menuju ketenangan, sebagaimana kaum sufi mencari ketenangan melalui munajat kepada Allah SWT dengan melakukan aturan-aturan tertentu, Dan kaum liberal mencari ketenangn melalui kepuasan berfikir dengan melakukan brainstorming terhadap setiap perkara yang meragukan mereka. Ketenangan perasaan yang di dapat oleh orang yang bebar-benar menjalin tali persaudaraan merupakan ketenangan batin yang sangat menakjubkan tentunya menjalin persaudaraan dengan penuh ketulusan dan saling menghargai, karna sesungguhnya Allah SWT sangat mencintai orang yang selalu menjaga tali persaudaraan.

Di antara keutamaan menjaga tali persaudaraan yang lain adalah menjadikan hidup lebih berarti. Manusia di ciptakan oleh Allah SWT dari laki-laki dan perempuan dan ia menjadikan manusia pula bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kita bisa saling mengenal, karena itu, berintraksi sosial dengan senantiasa menjaga tali persaudaraan merupakan keputusan yang tepat untuk menjadikan hidup yang kita lalui di dunia ini penuh makna. Dan sebagaimana kita ketahui bahwa sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi saudara-saudaranya.

Dalam hidup ini, Allah SWT telah menentukan nasib setiap makhluknya, dan Allah SWT menentukan takdir kita agar kita tidak pernah putus asa dalam sesuatu dan senantiasa berusaha untuk selalu menjadi hamba Allah yang baik. Dengan senantiasa menjalin tali persaudaraan kita akan mudah rizki karna Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang selalu menjaga tali persaudaraan. Ada pun tali persaudaraan yang saya maksudkan disini adalah saling pengertian dan saling nasehat-menasehati dalam kebaikan dan perkara yang di anjurkan Allah SWT dan di larangnya.

Semoga tulisan singkat ini dapat menggugah hati kita untuk senantiasa menjalin tali persaudaraan dengan sungguh-sungguh, dan semoga rahmat Allah SWT menjaga kita selalu, dan semoga dosa-dosa yang telah kita perbuat di ampuni olehnya, karna kita hanya manusia biasa yang tiada daya upaya selain memohon rahmat dan kasihnya agar tetap menjadi hambanya yg mendapat rahmat darinya. Amin...

0 komentar: